Sudah Tau Belum Mengapa Wanita Mengandung Bayi Selama 9 Bulan?

IKLAN
Selama ini kita tidak pernah bertanya-tanya mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan? Rentang waktu tersebut tampak sangat biasa dan semua wanita yang mengandung secara normal selalu menempuh rentang waktu yang sama pada kehamilanya. Hanya ada beberapa wanita yang mengalami kelainan pada waktu kehamilannya sehingga menyebabkan bayi terlahir prematur. Namun sebenarnya proses kehamilan selama 9 bulan tersebut erat kaitannya dengan proses perkembangan bayi itu sendiri. Pada setiap bulan kehamilan si Bayi akan mengalami berbagai perkembangan pada tubuhnya sampai akhirnya di bulan ke-9 bayi tersebut sudah siap untuk dilahirkan ke dunia. Berikut beberapa tahap perkembangan bayi yang cukup penting.

Mengapa Wanita Mengandung Bayi Selama 9 Bulan?

Pada bulan pertama terjadi perkembangan yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi kedepannya. Seperti kantung bayi yang akan melindungi janin selama dalam kandungan dari air ketuban, serta pertumbuhan plasenta untuk menyalurkan berbagai nutrisi bagi bayi dalam masa pertumbuhannya. Mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan? Pada bulan pertama ini bayi akan mengembangkan sirkulasi darahnya yang tentunya akan sangat mempengaruhi perkembangan si Bayi kedepannya.


Pada bulan berikutnya terdapat pertumbuhan penting dari organ-organ luar di wajah serta kaki dan tangannya. Beberapa organ dalam untuk pencernaan serta otak dan tulang belakangnya.

Di bulan ketiga pertumbuhan yang sudah terjadi sejak bulan sebelumnya akan disempurnakan karena sekarang tangan dan kakinya bahkan sudah terdapat jari-jari dan kuku. Di bagian dalam sistem reproduksi juga sudah mulai dibentuk, inilah mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan

Di bulan berikutnya pembentukan organ-organ sudah sempurna sehingga Anda bisa mengetahui jenis kelamin si Bayi dengan melakukan USG pada bulan ini. Bayi juga akan mulai aktif bergerak dan terdapat perubahan ekspresi diwajahnya.

Pada bulan kelima Anda bisa merasakan bahwa pergerakan si Bayi semakin sering karena Ia perlu melatih otot tubuhnya. Selain itu beberapa rambut halus juga sudah mulai tumbuh dari kulit kepalanya.

Pada bulan berikutnya pertumbuhan kulit sudah mulai lebih baik meskipun masih tipis dan organ telinga juga sudah dapat digunakan untuk mendenganrkan suara dari luar.

Di bulan ketujuh terjadi pertumbuhan yang paling cepat dimana ukuran tubuh bayi akan semakin membesar. Posisi dari bayi juga sudah mulai berubah sebagai persiapan kelahiran.

Di bulan berikutnya sebagian besar sistem dalam tubuh bayi sudah dapat berfungsi hanya paru-paru saja yang belum berfungsi.

Di bulan kesembilan bayi sudah tumbuh sempurna bahkan paru-parunya juga sudah siap untuk berfungsi, demikianlah mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan.

Penelitian Lain Berkaitan Dengan Kehamilan Wanita

Ada beberapa universitas di Amerika melakukan penelitian tentang metabolisme yang dimiliki wanita selama hamil. Dikatakan bahwa metabolisme wanita pada masa kehamilan meningkat dua kali lipat karena wanita memerlukan energi lebih untuk kehamilannya. Hanya saja peningkatan metabolisme tersebut hanya terjadi sampai pada kehamilan berusia 6 bulan. Padahal bayi memerlukan energi lebih lagi di bulan ke sembilan yang tidak mungkin diberikan oleh wanita. Inilah mengapa wanita mengandung bayi selama 9 bulan, Karena wanita tidak dapat menambah energi lain untuk kehamilannya, karena itulah bayi harus dilahirkan pada bulan ke Sembilan ini. Masih banyak lagi teori terbaru yang tentunya masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai ini. Karena itulah di masa yang akan datang akan terdapat berbagai hal baru mengenai kehamilan wanita.

Dari berbagai Sumber.